Loading...
 
Customer Care
08117574101

Pentingnya mengetahui dan menemukan passion

Lowongan | 04 September 2012 13:05 wib
Setiap orang punya kemampuan di suatu bidang dimana ia lebih baik dibanding bidang lainnya. Malah bisa terlihat lebih baik daripada orang-orang disekitarnya.
Temukan passionmu dan nikmati pekerjaanmu



Anda mungkin mengenal seseorang yang sangat energis, seakan tidak pernah habis melakukan urusan di luar rumah, misalnya ia suka berbicara dan membuat banyak teman, mencoba banyak hal, melihat apa yang baru, ia tidak tidur sebelum mengirimkan pesan kepada beberapa orang. Sebaliknya ada orang yang lebih suka berdiam di suatu tempat, membereskan banyak hal, gigih menyelesaikan pekerjaan rumit yang memerlukan banyak pemikiran dan terorganisir.

Dari deskripsi di atas, Anda dapat menangkap sedikit  gambaran tentang pekerjaan apa yang cocok untuk kedua orang tersebut.  Dengan kata lain, apa passion mereka?  Apakah karena mereka senang melakukan suatu hal lantas disebut passion? Mari kita lihat apa itu passion.

    Nothing great in the world has ever been
    accomplished without Passion!
    Hebbel

Passion, apa itu?
Passion berasal dari kata Yunani πάσχω (paskho), yang berarti menderita atau menanggung. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang kuat terhadap orang atau sesuatu. Passion merupakan emosi yang melibatkan perasaan, antusiasme, atau keinginan yang kuat dan dalam akan sesuatu.

Itu sebabnya kita sering mendengar atau membaca beragam pernyataan orang tentang passion mereka yang meskipun mereka baik dan berprestasi di suatu bidang, namun akhirnya mereka memilih bidang pekerjaan lain. Misalnya, seorang bekas manager bank yang baru saja membuka sebuah bengkel Auto services  dan terlibat dalam operasionalnya mengatakan “passion saya adalah otomotif, saya suka hal teknis yang membutuhkan lebih banyak gerakan fisik.”

Cara menemukan passion
Karena passion itu penting, maka Anda perlu menemukannya, lebih tepatnya mengetahui hal-hal apa yang membuat Anda langsung berenergi, fokus, bahkan jika tidak diminta pun Anda senang mengerjakannya.
Dalam bukunya Quantum Life Transformation, Adi W. Gunawan mengemukakan cara untuk mengetahui passion, dengan mengetahui ciri-ciri tertentu, diantaranya;

    Kita menyukai aktivitas/pekerjaan tertentu
    Kita menikmati aktivitas/pekerjaan tersebut
    Kita mau melakukan aktivitas/pekerjaan tersebut meskipun tidak dibayar
    Kita  merasa mudah melakukakannya, sedangkan orang lain merasa sulit
    Semakin sering melakukannya, kita semakin baik di bidang tersebut
    Kita mendapat pujian karena melakukannya
    Kita selalu bersemangat saat membicarakan aktivitas/pekerjaan tersebut
    Kita fokus pada aktivitas/pekerjaan tersebut
    Kita belajar mengembangkan diri di bidang aktivitas/pekerjaan tersebut
    Kita sering lupa waktu saat melakukannya karena begitu senang dan asyik
    Kita merasa puas dan bangg saat melakukannya
    Kita mudah mempengaruhi orang dalam bidang aktivitas/pekerjaan tersebut

Passion bersifat personal dan bermakna, yang memiliki muatan emosi positif yang sangat kuat. Selanjutnya, muata emosi positif inilah yang berfungsi sebagai booster atau pendorong dalam membangkitkan motivasi sehingga kita akan lebih terpacu dalam bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan passion kita.

Lalu apa pentingnya menemukan passion?
Orang yang mengerjakan apa yang mereka sukai biasanya lebih bahagia dan puas dengannya dan menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi. Passion membuat orang melakukan sesuatu lebih maksimal.

    Tanpa passion Michaelo Angelo tidak akan menghasilkan lukisan fresco di langit-langit Kapel Sistine Vatikan Roma. Sembilan adegan Kitab Kejadian  dalam lukisan tersebut memerlukan waktu empat tahun (1508-1512) untuk menyelesaikannya dengan berbaring menelentang setinggi tujuh puluh kaki di atas tanah. Lukisan ini hanya salah satu diantara karya-karyanya yang termasyur.
    Tanpa passion J. K Rowling tidak mungkin menulis Serial Harry Potter yang fenomenal itu, meski pada awalnya belasan penerbit menolak menerbitkan naskahnya.
    Dsb.

Ada begitu banyak orang yang mengerjakan passion mereka. Singkatnya, dengan mengetahui passion Anda lebih mudah memilih dan mengembangkan karir, pekerjaan, atau menggeluti bidang yang Anda minati. Anda segera menemukan arah yang jelas dan jalan yang tepat dan tercepat untuk sampai pada tujuan Anda.

source: http://www.tipsmu-tipsku.com/2013/02/pentingnya-menemukan-dan-mengetahui.html

Link
Dilihat 2332 kali Ditulis Oleh
comments powered by Disqus