Detail Artikel

Nikmatnya Karir dengan Passion dan Bakat

 Right Man in the Right Place

 
Akan sangat menyenangkan bila pekerjaan yang dipilih merupakan pekerjaan yang selaras dengan minat serta tepat bagi karir ke depannya. Apakah ada pekerjaan semacam itu? 
 
Tentunya ada! Menurut Rudi Widyanto M.Psi, Psikolog pekerjaan yang tepat adalah pekerjaan yang dapat mengangkat diri kita menjadi lebih baik. Bukan karena uangnya maupun nama besar perusahaannya. “Pekerjaan yang tepat menjadi karir adalah pekerjaan yang selaras dengan minat, bakat dan kesempatan. Pertemuan dari ketiga poin itu lazim disebut sebagai sweet spot,” terangnya.
 
Sweet spot merupakan titik irisan di mana seseorang menyukai pekerjaannya (stuff that you love to do), memiliki bakat atau kemampuan yang baik dalam pekerjaan itu (stuff you are good at), dan seseorang akan memperoleh gaji atau bayaran atas pekerjaannya (stuff someone will pay you to do).
 
Hal inilah yang sepertinya telah dialami Oki Rahadianto M.si. Pria berpenampilan eksentrik ini sekarang menjabat sebagai dosen di FISIPOL UGM sekaligus bassist di sebuah band beraliran jazz yang ternama di Yogyakarta. Pada mulanya, Oki merasa kebingungan dalam menentukan minat serta bakatnya. “Saya suka musik, sama halnya dengan ketertarikan saya terhadap dunia pendidikan. Menyenangkan lho, kalau bisa berbagi ilmu dan pengalaman, apalagi dikolaborasikan dengan musik. Jadinya mudah dipahami,” papar Oki. 
 
Dalam metode mengajarnya, Oki kerap mengajak mahasiswanya untuk berimajinasi lewat musik dan menganalisis konteks serta struktur sosial yang ada di balik penciptaan sebuah karya. “Kelihatannya memang bertolak belakang bangetya, tapi memang minat saya di dua bidang itu. Bakat itu bisa dilatih kok, sampai akhirnya jadi potensi. Asalkan ada niat dan kemuan keras,” tandas Oki.
 
Find Out Your Sweet Spot
 
Langkah yang dapat dilakukan untuk menemukan sweet spot dalam diri kita misalnya dengan melakukan introspeksi diri. Biasanya pengalaman memiliki peranan penting untuk menemukan hal apa yang sebenarnya kita inginkan. 
 
Cara lain? Bisa dengan bertanya pada orang-orang yang berada di sekitar kita. Mereka tentu dapat menilai hal apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita. Untuk itu, menerima masukan dari orang lain, baik positif maupun negatif, sangat penting untuk membantu kita menemukan potensi diri.
 
Mengetahu sweet spot juga bisa dilihat dengan menjawab tiga pertanyaan yang sudah disebutkan di atas. Hal apa saja yang membuat Anda merasa senang? Pekerjaan apakah yang membuat Anda selalu bersemangat dalam mengerjakannya? Itulah titik sweet spot yang pertama atau ‘stuff that you love to do’. 
 
Kemudian, prestasi apa yang pernah Anda peroleh? Baik itu kejuaraan maupun perlombaan. Prestasi lain bisa dilihat melalui ucapan selamat dari orang-orang sekitar karena Anda mampu menyelesaikan sebuah pekerjaan. Persoalan kedua ini menjadi aspek sweet spot kedua yaitu ‘stuff that you are good at’. 
 
Selanjutnya, pernahkah Anda ditawarkan untuk bekerjasama dengan seseorang? Atau bahkan Anda dipercaya untuk memegang jabatan tertentu? Nah, di sinilah poin ketiga dari sweet spot yaitu ‘stuff someone will pay you to do’. Irisan dari ketiga aspek inilah yang disebut sebagai sweet spot
 
Seberapa Pentingkah Sweet Spot? 
 
Tentu rasanya berbeda antara bekerja karena passion atau gairah dengan bekerja hanya karena tuntutan. Bekerja tanpapassion terkadang justru membuat seseorang merasa tertekan dalam menjalani pekerjaannya. Di sinilah sweet spotmemegang peranan penting. 
 
Sweet spot berimplikasi besar terhadap produktivitas dan hasil pekerjaan yang dilakukan. Mengapa? Karena apa yang kita lakukan adalah apa yang kita senangi. Sehingga ketika nanti menemui sebuah hambatan, Anda tidak akan mudah menyerah bahkan justru menemukan sebuah inovasi baru dalam bekerja.
 
Sweet spot tidak dapat berdiri sendiri, diperlukan perencanaan karir sejak dini untuk menunjang masa depan kita selanjutnya. Masa perkuliahan merupakan fase eksplorasi untuk mengenal karakter dalam diri secara lebih mendalam sebelum masuk dalam dunia kerja. Lets find out your sweet spot and reach your future. As soon as possible, sooner is better! [CN/MD]

Comments (0)